Penawaran (supply) dan permintaan (demand) merupakan dua kekuatan utama yang menentukan harga

Terbentuknya Keseimbangan Pasar dan Struktur Pasar


Dalam kegiatan sehari-hari anda tentu pernah memiliki keinginan untuk membeli sejumlah barang dan jasa tertentu, atau mungkin kalian pemah menawarkan sesuatu kepada orang lain. Hal ini dilakukan karena di antara manusia memang saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. Adanya perasaan saling membutuhkan tersebut mendorong terbentuknya pasar. Pasar dalam ilmu ekonomi diartikan sebagai pertemuan antara permintaan dan penawaran. Dalam pengeitian ekonomi, pasar lebih bersifat interaktif, bukan fisik. Mekanisme pasar adalah proses penentuan tingkat harga berdasarkan kelcuatan permintaan dan penawaran.

Penawaran dan Permintaan

Penawaran (supply) dan permintaan (demand) merupakan dua kekuatan utama yang menentukan harga. Oleh karena itu, untuk memahami fungsi mekanisme pasar yang membentuk sistem harga perlu diketahui arti dan faktor-faktor yang memengaruhi permintaan dan penawaran.

Di pasar barang, pada saat barang-barang konsumsi diperjualbelikan, harga barang ditentukan oleh interaksi antara penawaran yang datang dari rumah tangga produsen dan permintaan yang datang dari rumah tangga konsumen. Adapun di pasar sumber daya (faktor-faktor produksi), harga sumber daya ditentukan oleh interaksi antara penawaran yang datang dari rumah tangga konsumen (masyarakat) dan permintaan yang datang dari rumah tangga produsen.

1. Pengertian Permintaan dan Penawaran

Permintaan (demand) adalah sejumlah barang atau jasa yang diminta oleh konsumen dapat dibeli dalam berbagai tingkat harga pada periode tertentu.

Pengertian tersebut menunjukkan bahwa permintaan berasal dari seseorang atau kelompok orang yang membutuhkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Hubungan antara harga dan kuantitas permintaan dapat di-nyatakan dalam fungsi permintaan. Secara matematis, hubungan tersebut dapat dirumuskan dalam bentuk persamaan linear sederhana, yaitu sebagai berikut.

Keterangan:

Qd = Jumlah barang yang diminta 
f = Fungsi dari P 
P = Harga barang
a = Konstanta (faktor lain dianggap konstan) 
b = Koefisien (nilainya negatif)

Artinya, banyak sedikitnya jumlah barang yang diminta bergantung pada harga. Jika harga barang naik, jumlah barang yang diminta turun. Begitu pula sebaliknya, jika harga barang turun, jumlah barang yang diminta naik atau dengan kata lain:


Penawaran (supply) diartikan sebagai keseluruhan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan oleh produsen dalam berbagai tingkat harga yang berlaku di pasar pada satu periode tertentu. Dalam definisi tersebut terkandung hubungan antara jumlah barang dan jasa yang ditawarkan dengan tingkat harga. Hubungan antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan dapat dinyatakan dalam fungsi penawaran dan dirumuskan dalam bentuk persamaan matematik sederhana, yaitu:
Keterangan:

Qs = Jumlah barang yang ditawarkan
f = Fungsi dari P
P = Harga barang yang ditawarkan
-a = Konstanta (faktor lain dianggap konstan)
b = Koefisien (nilainya positif karena hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta positif).

Berdasarkan persamaan tersebut, banyak sedikitnya jumlah barang yang ditawarkan bergantung pada harga. Jika harga barang naik, jumlah barang yang ditawarkan naik. Begitu juga sebaliknya, jika harga barang turun, jumlah barang yang ditawarkan turun atau dengan kata lain.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Permintaan dan Penawaran


Faktor-faktor yang memengaruhi tingkat permintaan barang dan jasa, yaitu sebagai berikut :

a. Harga Barang itu Sendiri

Semakin tinggi tingkat harga suatu barang, semakin sedikit barang yang diminati. Sebaliknya, semakin turun harga suatu barang, semakin banyak barang yang diminati.

b. Harga Produk Lain yang Berhubungan

Perubahan harga produk yang memiliki hubungan subtitusi (pengganti) akan mengalihkan konsumen untuk membeli produk lain. Contohnya, jika harga mangga mahal, orang akan lebih banyak membeli jeruk karena harga jeruk tidak mengalami kenaikan.

c. Pendapatan Konsumen

Hubungan antara pendapatan dan jumlah barang yang diminta bersifat searah (positif). Hal ini, jika pendapatan konsumen naik, konsumen tersebut akan meminta jumlah barang yang lebih tinggi per unit waktu dan sebaliknya pernyataan tersebut berlaku terhadap barang normal

d. Selera dan Preferensi Konsumen 

Selera dan preferensi konsumen dapat memengaruhi permintaan terhadap suatu barang jasa. Naiknya selera dan preferensi konsumen akan mengakibatkan naiknya permintaan barang tersebut. Begitu juga sebaliknya, jika selera konsumen turun, permintaan konsumen juga akan turun.

e. Ekspektasi (Harapan) Masyarakat

Perubahan atas perkiraan keadaan masyarakat pada masa mendatang akibat kebijakan pemerintah tertentu. Misalnya, pemerintahan yang baru akan menaikkan harga BBM. Masyarakat akan meningkatkan permintaan terhadap BBM tersebut bahkan adayang menimbunnyakarena adakemungkinan kenaikan harga barang tersebut pada masa datang.

f. Jumlah Konsumen

Permintaan pasar merupakan semua penjumlahan dari permintaan individual. Dengan demikian, semakin banyak konsumen, maka jumlah permintaan pasar terhadap barang tersebut akan semakin banyak pula.

Faktor-faktor yang memengaruhi tingkat penawaran barang dan jasa, yaitu sebagai berikut.

a. Harga Barang Bersangkutan

Jikaterjadi kenaikan harga, akan meningkatkan jumlah penawaran. Jika harga mengalami penurunan, akan menurunkan barang yang ditawarkan.

b. Harga Barang Lain

Harga barang lain yang bersifat substitusi pengaruhnya terhadap penawaran positif. Namun, harga barang lain yang bersifat komplementer pengaruhnya terhadap penawaran yaitu negatif.

c. Biaya Produksi

Jika biaya faktor produksi tinggi, perusahaan akan rugi, bahkan akan menutup perusahaannya sehingga barang yang diproduksi akan turun. Oleh karena itu, faktor biaya produksi sangat berpengaruh sekali terhadap jumlah barang yang ditawarkan.

d. Tujuan Produksi

Setiap perusahaan meiniliki tujuan memaksimalkan keuntungan sehingga perusahaan menggunakan kapasitas produksinya secara maksimal, tetapi produksi pada tingkat kapasitas yang maksimal menyebabkan penawaran akan sedikit.

e. Tingkat Teknologi

Kemajuan teknologi akan mengakibatkan produksi bertambah cepat, biaya produksi semakin rendah, dan tentunya keuntungan akan bertambah. Dengan demikian, teknologi cenderung menaikan penawaran.

Jika faktor-faktor tersebut menyebabkan terjadinya peningkatan terhadap penawaran barang dan jasa, kurva penawaran akan bergeser ke kanan dari kedudukannya semula. Jika faktor-faktor tersebut menyebabkan turunnya tingkat penawaran, kurva penawaran akan bergeser ke kiri.

Adanya perubahan pada faktor-faktor yang menentukan permintaan tersebut akan memengaruhi kurva permintaan. Apabila faktor-faktor tersebut menyebabkan terjadinya peningkatan terhadap permintaan barang dan jasa, kurva permintaan akan bergeser ke kanan dari kedudukannya semula, dan apabila faktor-faktor tersebut menyebabkan turunnya tingkat permintaan, maka kurva permintaannya akan bergeser ke sebelah kiri.
Cerpen, Ekonomi, Gombalan, Remaja, Tips Kecantikan, Tips Kesehatan
DAFTAR ISI
  1. Tentang Remaja
  2. Tips Buat SMS Mesra yang tak terlupakan
  3. Cerpen "Purnama Pucat"
  4. Panggil Saya John!
  5. Kingston Rossdale "Berdandan Antimainstream"
  6. Cerpen "Pernikahan Koboi"
  7. Tips Menaklukan Hati Cewek Rumahan
  8. Pendeteksi 5 Kebohongan Wanita
  9. Gaya Rambut Remaja Pria Pendek Bawah
  10. Produk Kecantikan Selamat Digunakan
  11. Renungan Untuk Para Istri
  12. Menunggu Banyu
  13. Tips Menjerat Laki-laki Ganteng
  14. Galau Pasti Berlalu Karya Nadiawau.
  15. Panduan Lengkap Untuk Wanita
  16. Cara Menghindari Depresi dengan Mengenali Diri
  17. Gejala, Penyebab, Terapi, Pencegahan Depresi 
  18. Rahasia "Make Up" Tahan Lama
  19. Proses produksi yang dilakukan produsen pasti memerlukan biaya, besarnya biaya proporsional dengan banyak barang dan jasa yang dihasilkan
  20. Tujuan utama dari pendirian sebuah perusahaan sudah jelas untuk mendapatkan laba (profit) atau dengan kata lain keuntungan
  21. Konsumsi merupakan salah satu kegiatan dalam perekonomian selain produksi dan distribusi
  22. Pelaku ekonomi dalam sebuah perekonomian sebenarnya tidak hanya terdiri atas konsumen dan produsen
  23. Penawaran (supply) dan permintaan (demand) merupakan dua kekuatan utama yang menentukan harga
  24. Fungsi permintaan menggambarkan hubungan antara variabel harga (Price, P) dengan variabel jumlah barang yang diminta (Qd)
  25. Permintaan dengan harga memiliki hubungan yang sangat erat karena kekuatan permintaan
  26. Keseimbangan pasar (market equillibrium) terjadi pada tingkat harga dan jumlah barang dan jasa 
  27. Elastisitas harga penawaran adalah angka yang menunjukkan berapa persen jumlah barang yang ditawarkan
  28. Keberadaan pasar mempunyai fungsi yang penting
  29. Bank sentral merupakan lembaga yang memiliki peran penting bagi perekonomian suatu negara
  30. Bank Indonesia berperan dalam membuat peraturan-peraturan yang mendukung kelancaran sistem pembayaran
  31. Benda-benda yang dijadikan sebagai alat pertukaran sebelum adanya Uang
  32. Wewenang Bank Indonesia Dalam Pengelolaan Alat Pembayaran
  33. Unsur Pengaman Uang Rupiah, Terbuka (overt), Semi tertutup (semicovert), Tertutup (covert/forensic)
  34. Pengelolaan Keuangan, Konsep Dasar Pengelolaan Keuangan, Pengertian Pengelolaan Keuangan
  35. Kegiatan Berinvestasi dalam Pengelolaan Keuangan
  36. Jenis dan Fungsi Bank sebagai Lembaga Keuangan
  37. Lembaga Jasa Keuangan dalam Perekonomian Indonesia
  38. Uang elektronik di Indonesia mulai berkembang
  39. Tips Kecantikan, Mencegah Penuaan Kulit Wajah, Menghaluskan Kulit, Lindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahari
  40. Hemat Waktu Menata Rambut dengan Blow Permanen
  41. Kata-kata Rayuan Gombal Bikin Baper 
  42. Kisah Perjalanan Kekampung lagi 
  43. Pastikan dokter dan staf medisnya sudah tersertifikasi, Perhatikan produk kecantikan yang diberikan, Mengenal kondisi klinik kecantikan
  44. Peran Pelaku Ekonomi, Kegiatan Ekonomi, Pengertian Produksi
  45. Novel "Yang hilang akan kalah dengan yang selalu ada"
  46. Hujan dan Jiwa Pemberani
  47. Budak Cinta Part I "I Hate You".
  48. Penyelamat dari korban-korban Tay