Permintaan dengan harga memiliki hubungan yang sangat erat karena kekuatan permintaan

Hukum Permintaan dan Penawaran serta Asumsi-Asumsinya

Permintaan dengan harga memiliki hubungan yang sangat erat karena kekuatan permintaan akan menentukan hai'ga, sebaliknya tingkat harga akan memengaruhi tingkat permintaan. Naik turunnya harga akan berpengaruli terhadap naik turunnya permintaan. Hukum permintaan menyatakan “Makin rendah harga suatu barang, maka semakin banyak permintaan terhadap barang tersebut. Sebaliknya, semakin tinggi harga suatu barang, maka semakin sedikit permintaan terhadap barang tersebut.”

Jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga tertentu memilild hubungan yang sangat erat karena jumlah barang yang ditawarkan dengan hargamemililti hubungan yang sejajar (positif). Hukum penawaran menyatakan “Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang tersebut yang akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya semakin rendah harga suatu barang semakin sedikit jumlah barang tersebut yang ditawarkan.”

Kurva Permintaan dan Kurva Penawaran


Berdasarkan hipotesis hukum permintaan dapat diambil kesimpulan, sebagai berikut :

1. Jika harga suatu barang naik, pembeli akan mencari barang lam yang dapat digunakan sebagai pengganti barang tersebut. Begitu juga sebaliknya, jika barang tersebut turun, konsumen akan menambah pembelian terhadap barang tersebut.

2. Kenaikan harga menyebabkan pendapatan riil konsumen berkurang sehingga meinaksa konsumen mengurangi pembehan, terutama barang yang akan naik harganya.

3. Berikut diberilcan ilustrasi mengenai masalah permintaan. Misalnya, pada kasus harga minyak goreng dibeli oleh individu atau lembaga perusahaan untuk memasak atau proses produksi pada rumah makan. Jika minyak goreng ditawarkan terlalu tinggi, masyarakat akan mencari merek lain yang lebih murah dan ditawarkan lebih rendah, hal tersebut akan banyak menarik konsumen lain untuk membeli lebih banyak. Tabel berikut akan menyajikan skedul permintaan yang kemudian disebut dengan jumlah barang yang diminta.
Hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta disebut sebagai skedul atau tabel permintaan. Skedul atau tabel permintaan yang digambarkan secara grafik disebut sebagai kurva permintaan. Kurva permintaan digambarkan sebagai garis yang bergerak dari kiri atas ke kanan bawali. Selanjutnya, untuk inemudahkan dalam melakukan analisis terhadap permintaan, faktor-faktor lain harus dianggap konstan atau tidakberubah (ceteris paribus). Hal ini ditunjukkan oleh adanya kurva permintaan yang lurus dari kiri atas ke kanan bawah.
Kurva permintaan merupakan gambar yang menjelaskan hubungan harga barang yang bersangkutan dan jumlah barang yang diminta.
Berdasarkan hipotesis hukum penawaran tersebut, jika harga suatu barang naik, jumlah barang yang ditawarkan akan naik. Demikian pula, jika harga turun, jumlah barang yang ditawarkan akan turun pula. Jadi antara harga dengan jumlah barang yang ditawarkan memiliki hubungan sear all (positif).

Sebagai contoh Tabel berikut akan memberikan gambar an bagaimana hubungan antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan.

Berbagai Jumlah Minyak Goreng yang Dijual pada Berbagai Tingkat Harga
Tabel tersebut memperlihatkan minyak goreng yang diproduksi dan dijual produsen pada berbagai tingkat harga. Jika digambarkan dalam bentuk kurva akan tampak sebagai berikut.



Hubungan antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan disebut sebagai skedul atau tabel penawaran. Skedul atau tabel penawaran yang digambarkan secara grafik disebut sebagai kurva penawaran. Kurva penawaran digambarkan sebagai garis yang bergerak dari kanan atas ke kiri bawah. Selanjutnya, untuk memudahkan dalam melakukan analisis terhadap penawaran, faktor-faktor lain haras dianggap konstan atau tidak berubah (iceteris paribus). Hal ini ditunjukkan oleh adanya kurva pernawaran yang lurus dari kanan atas ke kiri bawah.

Pergerakan Di Sepanjang Kurva dan Pergeseran Kurva


a. Pergerakan di Sepanjang Kurva Permintaan

Grafik Pergerakan Sepanjang Kurva Permintaan

Pergerakan di sepanjang kurva permintaan terjadi ketika harga barang itu sendiri mengalami perubahan. Perhatikan gambar kurva di atas, garis DD adalali kurva permintaan Sepatu. Pada mulanya harga Sepatu Rp 8.000 dan jumlah barang yang diminta 400. Kemudian jika harga Sepatu turun menjadi Rp 4.000, akan menyebabkan jumlah barang yang diminta bertambah menjadi 800, Dari perubahan harga tersebut, terlihat permintaan bergerak dari titik a ke titik b. Kurva di atas menunjukkan penurunan harga Sepatu menyebabkan jumlah Sepatu yang diminta konsumen meningkat.

b. Pergeseran Kurva Permintaan

Grafik Pergeseran Kurva Permintaan


Kurva permintaan dapat bergeser dari kanan ke kiri atau sebaliknya seperti ditunjukkan oleh kurva di atas. Pergeseran kurva permintaan disebabkan oleh adanya perubahan faktor-faktor lain selain harga barang itu sendiri. Seperti pendapatan konsumen, selera konsumen, jumlah penduduk, dan faktor lainnya seperti yang sudah dijelaskan padabagian sebelumnya.

Kurva permintaan bergeser ke kanan jika terdapat faktor-faktor yang menyebabkan permintaan bertambah.dan bergeser ke kiri jika terdapat faktor-faktor lain yang menyebabkan permintaan barang tersebut berkurang.

Dengan asumsi harga Sepatu Rp8.000, maka peningkatan pendapatan konsumen akan menggeser kurva permintaan ke kanan (D ke Dl). Dengan demikian, pada harga yang tetap, jumlah Sepatu yang diminta bertambah menjadi 600. Ketika pendapatan konsumen menurun, maka yang terjadi sebaliknya, yaitu kurva permintaan bergeser ke kiri (D ke D2), jumlah Sepatu yang diminta berkurang menjadi 200 pada tingkat harga yang sama.

c. Pergerakan di Sepanjang Kurva Penawaran

Grafik  Pergerakan Sepanjang Kurva Penawaran

Pergerakan di sepanjang kurva penawaran terjadi ketika harga barang itu sendiri mengalami perubahan. Perhatikan gambar kurva di atas, garis SS adala kurva penawaran Sepatu. Pada mulanya harga Sepatu Rp6.000 dan jumlah barang yang ditawarkan 600 unit. Kemudian jika harga Sepatu naik menjadi Rp 10.000, akan menyebabkan jumlah barang yang ditawarkan bertambah menjadi 1.000 unit. Dari perubahan harga tersebut, terlihat penawaran bergerak berubah dari titik a ke titik b. Kurva di atas menunjukkan kenaikan harga Sepatu menyebabkan jumlah Sepatu yang ditawarkan produsen meningkat.

d. Pergeseran Kurva Penawaran

Grafik Pergerakan Kurva Penawaran

Kurva Penawaran dapat bergeser dari kanan ke lari dan sebaliknya seperti ditunjukkan oleh kurva di atas. Pergeseran kurva Penawaran disebabkan oleh adanya perubahan faktor-faktor lain selain harga barang itu sendiri. Seperti biaya prodnksi, teknologi, harga barang lain, dan faktor lainnya seperti yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Kurva Penawaran bergeser ke kanan jika terdapat faktor-faktor yang menyebabkan Penawaran bertambah, dan bergeser ke kiri jika terdapat faktor-faktor lain yang menyebabkan Penawaran barang tersebut berkurang.

Dengan asumsi harga Sepatu Rp6.000, maka penurunan biaya produksi misalnya, akan menggeser kurva Penawaran ke kanan (S ke SI). Dengan demikian, pada harga yang tetap, jumlah barang yang ditawarkan bertambah menjadi 800. Ketika biaya produksi nailc, maka yang terjadi sebaliknya, yaitu kurva Penawaran bergeser ke kiri (S ke S2), jumlah Sepatu yang ditawarkan berkurang menjadi 400 pada tingkat harga yang sarna.

Demikian uraian tentang Hukum Permintaan dan Penawaran serta Asumsi yang bisa terjadi yang dilengkapi dengan kurva. Selanjutnya simak uraian mengenai Proses Terbentuknya Keseimhangan Pasar.
Cerpen, Ekonomi, Gombalan, Remaja, Tips Kecantikan, Tips Kesehatan
DAFTAR ISI
  1. Tentang Remaja
  2. Tips Buat SMS Mesra yang tak terlupakan
  3. Cerpen "Purnama Pucat"
  4. Panggil Saya John!
  5. Kingston Rossdale "Berdandan Antimainstream"
  6. Cerpen "Pernikahan Koboi"
  7. Tips Menaklukan Hati Cewek Rumahan
  8. Pendeteksi 5 Kebohongan Wanita
  9. Gaya Rambut Remaja Pria Pendek Bawah
  10. Produk Kecantikan Selamat Digunakan
  11. Renungan Untuk Para Istri
  12. Menunggu Banyu
  13. Tips Menjerat Laki-laki Ganteng
  14. Galau Pasti Berlalu Karya Nadiawau.
  15. Panduan Lengkap Untuk Wanita
  16. Cara Menghindari Depresi dengan Mengenali Diri
  17. Gejala, Penyebab, Terapi, Pencegahan Depresi 
  18. Rahasia "Make Up" Tahan Lama
  19. Proses produksi yang dilakukan produsen pasti memerlukan biaya, besarnya biaya proporsional dengan banyak barang dan jasa yang dihasilkan
  20. Tujuan utama dari pendirian sebuah perusahaan sudah jelas untuk mendapatkan laba (profit) atau dengan kata lain keuntungan
  21. Konsumsi merupakan salah satu kegiatan dalam perekonomian selain produksi dan distribusi
  22. Pelaku ekonomi dalam sebuah perekonomian sebenarnya tidak hanya terdiri atas konsumen dan produsen
  23. Penawaran (supply) dan permintaan (demand) merupakan dua kekuatan utama yang menentukan harga
  24. Fungsi permintaan menggambarkan hubungan antara variabel harga (Price, P) dengan variabel jumlah barang yang diminta (Qd)
  25. Permintaan dengan harga memiliki hubungan yang sangat erat karena kekuatan permintaan
  26. Keseimbangan pasar (market equillibrium) terjadi pada tingkat harga dan jumlah barang dan jasa 
  27. Elastisitas harga penawaran adalah angka yang menunjukkan berapa persen jumlah barang yang ditawarkan
  28. Keberadaan pasar mempunyai fungsi yang penting
  29. Bank sentral merupakan lembaga yang memiliki peran penting bagi perekonomian suatu negara
  30. Bank Indonesia berperan dalam membuat peraturan-peraturan yang mendukung kelancaran sistem pembayaran
  31. Benda-benda yang dijadikan sebagai alat pertukaran sebelum adanya Uang
  32. Wewenang Bank Indonesia Dalam Pengelolaan Alat Pembayaran
  33. Unsur Pengaman Uang Rupiah, Terbuka (overt), Semi tertutup (semicovert), Tertutup (covert/forensic)
  34. Pengelolaan Keuangan, Konsep Dasar Pengelolaan Keuangan, Pengertian Pengelolaan Keuangan
  35. Kegiatan Berinvestasi dalam Pengelolaan Keuangan
  36. Jenis dan Fungsi Bank sebagai Lembaga Keuangan
  37. Lembaga Jasa Keuangan dalam Perekonomian Indonesia
  38. Uang elektronik di Indonesia mulai berkembang
  39. Tips Kecantikan, Mencegah Penuaan Kulit Wajah, Menghaluskan Kulit, Lindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahari
  40. Hemat Waktu Menata Rambut dengan Blow Permanen
  41. Kata-kata Rayuan Gombal Bikin Baper 
  42. Kisah Perjalanan Kekampung lagi 
  43. Pastikan dokter dan staf medisnya sudah tersertifikasi, Perhatikan produk kecantikan yang diberikan, Mengenal kondisi klinik kecantikan
  44. Peran Pelaku Ekonomi, Kegiatan Ekonomi, Pengertian Produksi
  45. Novel "Yang hilang akan kalah dengan yang selalu ada"
  46. Hujan dan Jiwa Pemberani
  47. Budak Cinta Part I "I Hate You".
  48. Penyelamat dari korban-korban Tay